Study Kasus Di era Teknik Digital // Erla Dwi Ramadhayanti_202131029

 Institut Teknlogi PLN Jakarta

     Perkembangan teknologi digital, yang dimulai pada sekitar era 90 telah berkembang pesat hingga sekarang. Sehingga hampir semua kegiatan dilakukan secara online, seperti halnya yang paling sering dilakukan pada masyarakat umumnya seperti pengaruhnya proses produksi dan konsumsi media secara signifikan. Sebagian orang melihat perkembangan ini secara positif karena potensi untuk membuka pintu-pintu baru bagi demokrasi dan kreatifitas masyarakat. Hal ini didukung oleh fitur khusus media digital yang memungkinkan fleksibilitas konvergen media,distribusi muatan,partisipasi pemngguna dan kendali pengguna atas muatan media tersebut.




     Sekarang sanagatlah mudah dalam melakukan pembelian pembayaran maupun transaksi dengan jasa internet. Saat ini berbagai online shop beredae di indonesia, mulai dari menjual kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan sehari-hari. Denagn perkembangan teknologi yang semakin maju, gaya hidup orang indonesia yang ingin berbeda dari yang lain dan menjadi pelopor dalam segala bidang melalui kecenderungan konsumersi akan membuat online shop dan segala yang berhubungan menjadi bergerak cepat.

- Terjadinya Kebocoran Data pada aplikasi Online Shop

     Dengan banyaknya beredar online shop banyak masyarakat yang menggampangkan data pribadi sehingga terjadi kebocoran data pribadi.Salahsatu contoh yang beredar saat ini adalah aplikasi online shop tokopedia dimana sudah banyak data diri masyarakat bocor dan membuat pengguna yang tidak bertanggung jawab memakai data kita semena-mena.
Terjadinya kebocoran data tidak hanya dari kesalahan masyarakat itu sendiri melainkan keamanan suatu aplikasi tersebut dimana berdasarkan etika bisnis ditekankan para pembisnis untuk membuat pertimbangan - pertimbangan yang moral dan ekonomis yang layak.
     Pertimbangan-pertimbangan yang terlihat dari prusahaan tokopedia ialah menekankan pada sistem marketing yang baik dibandingkankan dengan sistem keamanannya. Strategi marketing yang dilakukan Tokopedia selalu mengusung ide yang dapat menarik banyk perhatian publik, dimulai dari BTS,artis korea ternama dan juga para influencer yang sedang naik daun. 



     Maka dapat dikatakan bahwa sebenarnya Tokopedia memiliki pendanaan yang cukup besar untuk menjalankan ooperasionalnya dan seharusnya mereka juga mengalokasikan pendanaan yang cukup untuk sekuritas ataupun keamanan bagi pengguna. Karena seiring penambahan jumlah pengguna maka maintance dan sistem pengamanan yang dimiliki haeus semakin baik.

"BIJAKLAH DALAM PENERAPAN TEKNIK DIGITAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI"


Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini